pasang

Ayam Aseel / Asil

Ayam Aseel merupakan jenis ayam aduan yang sangat tua dari daerah INDIA / PAKISTAN dan telah dibesarkan di sana sebagai ayam petarung selama berabad-abad. " Asil" berasal dari bahasa Arab yang berarti " murni" atau " ras , dan juga dieja ' Aseel '.

Ayam Aseel ini memiliki sifatnya yang sangat agresif terhadap ayam lain. Di perkirakan trah Ayam Aseel ini telah berkembang serta di budidayakan kurang lebih selama 3.500 tahun yang lalu dan di jadikan sebagai ayam sabung di India bahkan telah disebutkan dalam hukum India, agama dan dalam naskah pilsafat" Manusriti ".
Postur Atletis Ayam Aseel / Asil

Catatan mengenai Ayam Aseel ini juga ditemukan disalah satu naskah tertua India yang bernama " Dharmastrastra Manu , kitab klasik yang menjelaskan tentang hukum,ketertiban dan etika yang tercatat berusia 1.500 Sebelum Masehi.

Adapun bukti tertua mengenaik kegiatan sabung ayam yang terorganisir ( berdasarkan penemuan arkeologi ) telah ditemukan di lembah Indus ( Pakistan wilayah India pada tahun 1947) .

Di dalam kitab tersebut di tuliskan dan di jelaskan mengenai kebiasaan dan kebudayaan tentang mereka, yang tercatat dalam kitab tersebut seperti cara beternak ayam Asil sebagai ayam aduan sekaligus sebagai ayam hias dan dipopuler oleh penguasa India ( Kaisar Mughal & beberapa Nawabs negara di India ).

Aseel di akui sebagai ayam aduan tertua yang pernah di ternakan oleh manusia, dan jenis aseel sendiri mempunya banyak variasi dan type . Asil dikembangkan terutama sebagai ayam aduan , dan aspek perkembangan mereka telah memiliki pengaruh kuat pada struktur berkembang biak , konstitusi , dan temperamen serta mempengaruhi perannya dalam pengembangan keturunan lebih modern .

Ayam Aseel juga dikenal sanggup berpikir cerdas bagaimana menyerang, bertahan dan taktis dalam arena pertarungan jangka panjang / durasi pertarungan panjang. Di Indian dan Pakistan biasanya ayam aseel ini di tarungkan tanpa jeda dan mereka sanggup bertarung loss jalu selama 2 jam nonstop, hal ini di  pengaruhi oleh struktur tulang yang besar dan daya tahan tubuh yang kuat.
Baca :

Kenali Jenis-jenis Ayam Aseel